Pages

Labels

Hakk�mda

asep saeful millah
Lihat profil lengkapku

Sabtu, 29 Juni 2013

Pengaertian Minimarket



8 Cara Melawan Minimarket
Minimarket adalah sebuah jenis usaha yang memnggabungkan antara konsep swalayan dalam skala kecil dengan target pasar yang sama dengan target pasar pada pasar tradisional. Minimarket pada dasarnya adalah sebuah bidang usaha yang dilakukan oleh pengusaha-pengusaha yang tidak dapat dikategorikan sebagai bentuk usaha mikro,atau kecil. Akan tetapi, minimarket adalah sebuah bidang usaha yang kategori modalnya masuk dalam kategori industry menengah-keatas.


Persoalan utama yang terjadi pada keberadaan minimarket adalah bahwa perbedaan jumlah modal yang besar menjadi penyebab utama terbunuhnya pasar tradisional. Modal besar yang dimiliki oleh minimarketmemungkinkan konsep minimarket memiliki fasilitas dan pelayanan yang dapat menarik konsumen pasar tradisional.

Faktanya, konsep minimarket yang berkembang di Indonesia adalah konsep minimarket dengan standarisasi fasilitas swalayan. Dengan kata lain, minimarket adalah swalayan kecil dengan potensi membunuh pasar tradisional yang sangat ampuh. maka untuk menghadapinya harus menggunakan cara-cara jitu misalnya 8 cara berikut:

1. Cari jenis barang  yang paling laku (fast moving). Tidak perlu menyediakan semua jenis barang, tidak perlu memaksakan diri menghadirkan semua barang, karena sebagai pemain kecil, modal pastilah jadi kendala.  Sehingga, pertama haruslah fokus pada fast-moving item saja. Misalnya, minyak goreng, gula, beras, rokok, mie instant. Barang2 yg slow spt pecah belah, listrik, dst bisa dihilangkan. (ini contoh saja ya, untuk fix nya perlu disurvey sendiri).


2. Spesialisasikan diri pada bidang tertentu. Misalnya, sembako. Bedakan dengan tips no 1. No 1 itu fokus pada fast moving. Spesialisasi ini tidak harus fast moving, meskipun jangan sampai terjebak pada barang slow moving. Intinya spesialis namun tetap punya pasar yang cukup untuk tumbuh secara ekonomis.

3. Perhatikan harga jual mereka. Pada dasarnya mereka tidak menjual terlalu murah. Mereka adalah retailer. Masih ada space untuk bersaing dalam hal harga asal kita bisa menjaga efisiensi operasi usaha kita. Misalnya, kita berada pada sentra beras, biasanya harga jual beras kita akan lebih bersaing ketimbang mereka. Atau kalau kita dekat dengan hipermarket, selalu ada moment  (hampir tiap minggu) promo mie instant, meskipun dijual terbatas, namun hampir semua pedagang ramai memborong ketika ada promo, karena harganya bisa sangat murah untuk dijual lagi. Jadi perhatikan keunggulan lokasi sekitar.

4. Sekalipun mereka telah melakukan gerilya, tapi sebagai pemain kecil kita bisa lebih masuk lagi gerilyanya. Bagaimanapun mereka menunggu konsumen untuk datang. Kita bisa datang ke konsumen langsung. Tidak secara harfiah melakukan door-to-door.  Delivery service, atau sistem berlangganan misalnya.

5. Jalin hubungan yang lebih dekat dengan customer, ini sesuatu yang sulit dilakukan mereka karena turn-over rate karyawan mereka sangat tinggi.

6. Berikan added value, sederhana, low-cost,  khususnya dalam hal service, namun usahakan efektif. Misalnya, sediakan koran, untuk baca-baca gratis sambil minum teh botol atau menikmati snack jika luas toko memungkinkan. Itu contoh saja, silakan gali sendiri, tidak harus keluar duit, misalnya berikan pelayanan yg lebih cepat dari pesaing.

7. Buatkan design, baik interior maupun eksterior yg sesuai dgn konsep usaha. Mau praktis? cepat? nyaman? terang? redup? dst

8. Terakhir dan paling penting, bangun konsep usaha yg jelas, sederhana dan kuat. Tentunya saya tidak bisa memberikan penjelasan dengan detail karena ini hanya bisa dilakukan anda yang terjun sendiri.

Jika orang lain bisa sukses, yakinlah bahwa Anda pun bisa sukses. Untuk bisa meraih kesuksesan memerlukan waktu yang panjang, mengalami jatuh bangun sehingga bisa mendapatkan lebih banyak pengalaman, lebih banyak mengetahui bangaimana mengatasi dan menyelesaikan masalah. Ciri khas orang-orang sukses pada umumnya memiliki kesamaan yaitu kegigihan, semangat, keuletan, pantang menyerah, selalu belajar, mau berinovasi, mau mengembangkan diri,  tidak suka menunda, tidak menggunakan alasan sehingga tidak melakukan sesuatu, tidak mudah mengeluh, tidak berhenti sebelum berhasil.
Cara untuk mempercepat kesuksesan adalah dengan cara belajar dari orang-orang yang lebih dahulu sukses, atau menjadikan orang-orang yang sudah sukses tersebut menjadi pemandu untuk kesuksesan Anda. Banyak di antara mereka yang telah membuka diri menyampaikan rahasia kesuksesan mereka. Banyak buku-buku yang mengulas bangaimana menuju sukses. Untuk itu janganlah ragu bahwa Anda pun bisa untuk menjadi orang sukses.
Peluang selalu ada dan selalu bertambah setiap hari. Peluang itu banyak tersebar di sekeliling kita. Masalahnya adalah apakah kita bisa melihat peluang-peluang tersebut. Selanjutnya apakah kita termasuk salah satu dari orang yang mengambil peluang tersebut. Ada orang yang sebenarnya bisa melihat peluang, tapi tidak segera mengambil peluang tersebut, menunda, sampai peluang itu hilang atau tidak ada, sehingga akhirnya dia tidak mendapatkan apa-apa. Jadi masalah besarnya adalah menunda. Pelajaran yang bisa kita ambil adalah "Jangan Menunda".
Kekuatan kita untuk berhasil adalah pada keinginan kuat kita untuk berhasil. Kesungguhan untuk menjadi orang sukses akan sangat mempengaruhi kinerja kita. Orang yang serius ingin sukses tidak akan malas-malasan, tidak akan bersantai-santai, tidak akan buang-buang waktu untuk iseng ngobrol yang tidak jelas tujuan obrolannya. Sebaliknya orang yang serius untuk sukses akan selalu bersemangat untuk maju, selalu bersemangat untuk meraih cita-cita kesuksesannya, mau melakukan sesuatu yang berguna untuk meraih yang diimpikannya.

Kali aja ada warga KL yang sedang berwirausaha membuat toko membutuhkan masukan untuk bisnisnya.

Utamakan pelayanan kepada pelanggan karena dengan pelayanan ini merupakan kunci paling kuat mengikat pelanggan merasayaman berbelanja di toko anda. Dengan hanya bermodalkan senyum, sedikit canda dan juga berusaha mengenal dekat pelanggan, membuat hubungan antara penjual dengan pelanggan bisa terjalin. Pengenalan ini tidak usah terlalu jauh atau mendalam untuk mengenal pelanggan saja seperti mengetahui kebiasaan pelanggan berbelanja di toko kita. Kalaupun hingga bisa mengenal dekat biarkan hal itu terjadi karena berjalannya waktu.
Jangan sampai pelanggan memanggil-manggil terlalu lama karena toko tidak ada yang menjaga alias yang jaga molor.

Tentang pelayanan ini sebenarnya masih bisa dijabarkan secara luas seperti discount, cross selling price, sistem member, sistem swalayan, dll

Produk yang anda jual di toko sebaiknya selalu di awasi jumlah barang yang sering terjual dan selalu menambah barang baru yang sekiranya dibutuhkan oleh masyarakat sekitar toko.

Hindari / jangan sampai produk yang sering banyak terjual mengalami stok habis ketika seorang pelanggan hendak berbelanja.

Jika toko anda menggunakan sistem swalayan perhatikan tata cara peletakan produk untuk mempermudah pelanggan melakukan pencarian produk. Jadi kumpulkan produk sesuai dengan fungsi kebutuhan masing-masing, misal makanan ringan, minuman sachet, alat kecantikan, obat-obatan, dll.

Usahakan selalu mencari source atau distributor produk yang bisa memberikan keuntungan lebih kepada kita. misal harganya murah, banyak memberikan produk promo dari produsen. Biasanya, apabila anda ingin mendapatkan harga produk yang lebih murah dibarengi dengan jumlah kuantitas pembelian. Jika berani berspekulasi untuk mendapatkan harga murah dengan kuantiti banyak siapkan target penjualan untuk menghabiskan stok tersebut.

Apabila ada produsen yang memberikan promo produk berupa hadiah (tas,payung,dll) sebaiknya jangan anda ambil sendiri akan tetapi berikan hadiah itu kepada pelanggan yang melakukan pembelian dengan jumlah tertentu. (biasanya hadiah2 beginian dimiliki penjualnya sendir


1 komentar:

  1. jasa pendirian minimarket dan swalayan anda
    http://konsultan-minimarket-toserba.simplesite.com/
    http://konsultan-minimarket.weebly.com/

    BalasHapus

 

Blogger news

Blogroll

About