Pages

Labels

Hakk�mda

asep saeful millah
Lihat profil lengkapku

Sabtu, 29 Juni 2013

Pengertian Iklim

Iklim
Iklim adalah kondisi rata-rata cuaca berdasarkan waktu yang panjang untuk suatu lokasi di bumi atau planet lain. Studi tentang iklim dipelajari dalam klimatologi.
Iklim di suatu tempat di bumi dipengaruhi oleh letak geografis dan topografi tempat tersebut. Pengaruh posisi relatif matahari terhadap suatu tempat di bumi menimbulkan musim, suatu penciri yang membedakan iklim satu dari yang lain. Perbedaan iklim menghasilkan beberapa sistem klasifikasi iklim.
Berdasarkan posisi relatif suatu tempat di bumi terhadap garis khatulistiwa dikenal kawasan-kawasan dengan kemiripan iklim secara umum akibat perbedaan dan pola perubahan suhu udara, yaitu kawasan tropika (23,5°LU-23,5°LS), subtropika (23,5°LU-40°LU dan 23°LS-40°LS), sedang (40°LU-66,5°LU dan 40°LS-66,5°LS), dan kutub (66,5°LU-90°LU dan 66,5°LS-90°LS).
Iklim kontinental
Iklim kontinental adalah iklim yang berciri suhu musim dingin yang cukup untuk mengalami periode bersalju setiap tahun. Wilayah yang memiliki iklim kontinental terletak di Belahan Utara, dan juga pada wilayah dengan ketinggian yang tinggi.
Iklim jenis ini mengalami sekurang-kurangnya tiga bulan dengan suhu melampaui 10 °C dan musim sejuk selama sekitar satu bulan dengan suhu di bawah -3 °C.
Iklim kutub
Langsung ke: navigasi, cari
Iklim kutub adalah iklim dingin yang terdapat di daerah kutub. Di daerah itu musim dingin berlangsung lama, musim panas yang sejuk berlangsung singkat, udaranya kering, tanahnya selalu membeku sepanjang tahun, saat musim dingin seluruh tanah ditutupi es, memiliki jenis vegetasi berupa lumut-lumutan dan semak-semak. Wilayahnya di belahan bumi utara yaitu Amerika Utara, Greenland, dan pantai utara Siberia, sedangkan di belahan bumi selatan yaitu antartika




Iklim Mediterania
Iklim Mediterania adalah iklim pada kebanyakan wilayah cekungan Mediterania sebagai bagian dari iklim subtropis. Di luar Mediterania, iklim jenis ini terdapat di wilayah California, sebagian Australia barat dan selatan, Afrika Selatan bagian barat daya dan sebagian dari Chili tengah.
Ciri iklim ini adalah musim panas yang hangat hingga panas dan kering, dan musim dingin yang mild dan basah. Contoh kota penting yang beriklim Mediterania adalah Atena, Barcelona, Beirut, Yerusalem, Madrid, Marseille dan Roma.

Iklim sedang
Untuk penggunaan dalam ilmu virologi, lihat kesedangan (virologi).
Dalam geografi, garis lintang sedang atau tepid dunia terletak di antara tropika dan lingkaran kutub. Perubahan di daerah ini antara musim panas dan musim dingin biasa sejuk, daripada terlalu panas atau dingin. Tapi di wilayah benua, seperti bagian tengah Amerika Utara, variasi antara musim panas dan musim dingin bisa ekstrem. Di daerah yang dianggap tropis, pemukiman di ketinggian tinggi (contohnya pegunungan Andes) memiliki iklim sedang. Zona sedang utara memanjang dari garis balik utara (sekitar 23.5 derajat lintang utara) hingga Lingkaran Arktik (sekitar 66.5 derajat lintang utara). Zona sedang selatan memanjang dari garis balik selatan (sekitar 23.5 derajat lintang selatan) hingga Lingkaran Antarktika (sekitar 66.5 derajat lintang selatan).
Di dalam perbatasan ini ada banyak jenis iklim, yang secara umum dikelompokkan dalam dua kategori: samudera dan benua.
Iklim laut dipengaruhi oleh samudera, yang membantu menyeimbangkan temperatur stabil sepanjang tahun. Di zona sedang, angin datang dari barat, sehingga sisi barat benua sedang selalu merasakan iklim laut ini. Beberapa wilayah termasuk Eropa Barat, dan bagian barat Amerika Utara di garis lintang antara 40° dan 60° utara (65°U di Eropa).
Iklim benua biasa berada di daratan, dengan musim panas hangat dan musim dingin yang dingin. Kehilangan dan penerimaan panas dibantu oleh massa tanah yang ekstensif. Di Amerika Utara, Pegunungan Rocky berperan sebagai perintang iklim bagi udara laut yang bertiup dari barat, membentuk iklim benua di timur. Di Eropa, iklim laut mampu menyeimbangkan temperatur daratan, karena rangkaian pegunungan besar - Alpen - terletak timur-barat (wilayah di timur rangkaian pegunungan Skandinavia adalah pengecualian).
Mayoritas luas penduduk dunia menetap di zona sedang, terutama di belahan utara karena massa tanahnya. Orang-orang keturunan Eropa dominan di sebagian zona sedang karena migrasi besar 1700-an dan 1800-an, kecuali di daerah yang telah memiliki kepadatan penduduk yang tinggi (seperti Asia Timur) atau di dunia Muslim.
Untuk sejarah sebutan ini, lihat zona geografis
Langsung ke: navigasi, cari
Iklim subtropis basah

Iklim subtropis basah (Köppen Cfa atau Cwa) adalah zona iklim yang bercirikan musim panas yang panas dan lembap, dan musim dingin yang nyaman. Jenis iklim ini mencakup kategori iklim yang luas, jadi istilah "subtropis" mungkin tidak kena dengan iklim musiman dingin.
Presipitasi tinggi dialami kebanyakan area beriklim ini pada semua musim. Hujan (dan adakalanya salju) pada musim dingin dikaitkan dengan badai besar yang dibawa oleh angin baratan dari barat ke timur. Pada musim panas, kebanyakan hujan turun dalam kondisi badai guntur dan badai tropis, topan atau badai sekali-sekala.
Iklim subtropis basah terletak di tepi tenggara semua benua di antara garis lintang 25 ° dan 40 ° utara dan selatan. Antara yang kecualinya di mana zona iklim ini mencapai garis lintang 46 ° utara adalah di Lembah Po, Toulouse dan sepanjang pesisir Laut Hitam di Eropa.
Skim Köppen menandai iklim ini dengan suhu min bulan tersejuk di antara -3 ° C (26.6 ° F) dan 18 ° C (64 ° F), dan bulan terpanasnya pula mencapai 22 ° C (72 ° F); apakah musim sejuknya kering , yaitu kurang satu persepuluh kelembapan bulan musim panas terlembap (Köppen: w), atau tidak musim kering (Köppen: f, yaitu musim sejuknya menerima lebih satu persepuluh kelembapan bulan musim panas terlembap, dan musim panasnya menerima sedikitnya 40 mm (1.6 in ) sebulan atau lebih sepertiga bulan mus[1]

0 komentar:

Posting Komentar

 

Blogger news

Blogroll

About